10 Makanan untuk Program Diet yang Sehat



Anda sedang dalam program diet? Namun, seringkali sulit untuk menahan diri? Hingga akhirnya, diet hanyalah sebatas impian. Diet, bukan berarti Anda mengurangi atau malah tidak makan sama sekali. Anda bisa tetap makan dengan porsi biasa. Hanya saja, Anda harus cermat dalam memilih makanan. Berikut ini beberapa tips yang akan menjaga diet Anda tetap pada jalurnya yang dikutip dari tulisan editor situs kesehatan Healh Central,  29 April 2013 lalu. Antara lain:


1. Air putih
Minumlah segelas air sebelum makan. Biasanya, dengan meminum segelas air sebelum makan akan menekan nafsu makan Anda. 

2. Sayur-sayuran hijau,.
Sayuran hijau banyak macamnya, misalnya saja sawi dan bayam. Sayuran hijau merupakan makanan yang rendah kalori. Jadi, Anda dapat makan dalam jumlah besar tanpa khawatir menjadi gemuk. Selain itu, sayuran hijau juga kaya akan serat.

3. Kaldu sayuran. 
Jika Anda ingin makanan lebih ‘terasa’, jangan tambahkan MSG. Konsumsilah kaldu sayuran sebagai gantinya. Selain membuat makanan lebih ‘terasa’, kaldu sayuran pun lebih menyehatkan dan mengenyangkan. 

4. Protein Kocok
Ambil sesendok bubuk protein dan blender bersama segelas susu almon. Sajian ini juga bisa ditambahkan es batu. 

5. Asinan
Makanan segar ini sangat rendah kalori. Semangkuk asinan hanya megandung kalori sekitar 50 kalori. Namun, jangan membeli asinan yang mengandung pewarna buatan sebab itu justru akan membuat Anda makan berlebihan karena warnanya yang terlalu menarik.

6. Tahu
Tahu merupakan makanan olahan yang kaya akan protein dan serat. Sebuah penelitian terbaru menyebutkan, seorang wanita dengan berat badan berlebih akan makan malam lebih sedikit setelah memakan tahu. Konsumsilah tahu alami, tanpa tambahan lain, seperti gula, karena tambahan itu malah akan mengacaukan program diet Anda.

7. Kalkun
Meskipun terlihat seperti daging yang kaya akan lemak, ternyata kalkun juga mengandung asam amino triptopan yang akan menghasilkan serotonin di otak. Serotonin ini akan membuat kita merasa kenyang. Namun, Anda harus tetap waspada dengan tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

8. Gandum
Sebuah penelitian menyebutkan, makanan yang kaya serat, seperti gandum, akan mengurangi nafsu makan dan berat badan. Selain gandum, untuk meningkatkan kadar serat, Anda juga bisa mengonsumsi blueberry dan strawberi.

9. Apel
Selain kaya akan serat, buah menyegarkan ini juga mengenyangkan. Jika sudah merasa kenyang, otomatis nafsu makan Anda akan berkurang, bukan?

10. Almon
Kacang almon mengandung penilalnin, yakni asam amino yang akan merangsang sekresi hormon kolesistokinin (CCK) di dalam saluran pencernaan. Hormon CCK ini juga akan membuat Anda merasa kenyang.
Load comments

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Featured Post

5 Ways to Prevent Jaundice in a Natural Baby

Jaundice is one of the most health disorders that can occur in newborns. In general, infants with normal birth can experience yellow on the...