Resep Bikin Donat yang Empuk



Kue Donat adalah makanan yang sangat di suka si Buah Hati tidak terkecuali suami, tapi kebanyakan donat kurang tahan lama dan kebanyakan donat keras setelah di goreng, mungkin cara Sobat salah atau mungkin resepnya yang kurang pas, ini resep Donat Empuk yang bisa sobat coba.

Bahan Donat :
400 gr
100 gr
6 gr
205 gr
60 gr
5 gr
30 gr
25 gr
65 gr
3 butir
1,5 gr
1 kg
Tepung terigu protein tinggi
Tepung terigu protein sedang
Ragi Instant
Air
Gula Pasir
Garam
Margarine
Roombutter
Susu Cair
Kuning Telur
Baking Powder
Mentega Padat untuk menggoreng
    Cara Membuat :
    1. Campur semua bahan kering yang terdiri dari tepung, ragi, gula pasir dan baking powder aduk rata. Hati-hati jangan sampai memasukkan garam, karena garam bukan termasuk bahan kering dalam proses ini. Garam adalah musuh dari ragi  kalau sampai tercampur maka ragi akan sulit untuk mengembang.
    2. Setelah bahan kering tercampur masukkan bahan cair yang terdiri dari telur, susu cair dan air. Ingat urutannya kalau ada telur dan susu sebaiknya dimasukkan dulu supaya rasa roti yang dihasilkan lebih enak.  Kemudian aduk lagi hingga tercampur rata. Setelah itu masukkan air sedikit demi sedikit dan sisakan sedikit ini fungsinya untuk mengontrol kadar air dalam adonan, jangan sampai adonan kekurangan atau kelebihan air. Kemudian aduk adonan hingga menggumpal dan gula larut.
    3. Setelah itu masukkan margarine dan garam aduk hingga kalis. Jangan lupa untuk mengontrol kadar air dalam adonan. Kalau adonan masih kaku boleh dimasukkan sisa air yang tadi atau tambahkan lagi sedikit air . Hati-hati  dalam menambahkannya jangan sampai kebanyakan air.
    4. Setelah adonan kalis angkat dari mangkuk mixer dan istirahatkan kurang lebih selama 10 menit. Yang dimaksud adonan kalis disini yaitu apabila adonan sudah tidak lengket pada mangkuk mixer, adonan terlihat halus dan mengkilap, dan dapat membentuk selaput tipis yang tidak robek.
    5. Timbang adonan seberat 50 gram dan bulatkan. Fungsi dibulatkan disini  supaya membentuk lapisan kulit yang halus saat donat matang. Kemudian istirahatkan lagi selama 10 menit. Plong bagian tengahnya dan biarkan mengembang kurang lebih 30 menit. Tips : taburi bawah loyang dengan tepung sebelum menyusun donat atau celupkan kain dalam tepung lalu taruh dalam loyang sebelum menyusun donat hal ini mencegah adonan donat tidak lengket pada loyang dan gampang diambil pada saat akan di goreng.
    6. Sementara panaskan minyak padat untuk menggoreng. Goreng dengan api sedang selama kurang lebih 2 menit hingga matang. Tips : jangan bolak balik donat saat menggoreng karena minyal akan meresap ke dalam donat, cukup 1 kali untuk membalik sisi atasnya saja untuk mematangkan bagian lainnya. Donat yang berhasil dalam pembuatannya akan membentuk sabuk putih  dibagian tengah  donat.
    7. Setelah donat matang dan telah ditiriskan baru bisa ditopping dengan berbagai macam bahan topping yang kita inginkan.
      Load comments

      Iklan Atas Artikel

      Iklan Tengah Artikel 1

      Iklan Tengah Artikel 2

      Iklan Bawah Artikel

      Featured Post

      5 Ways to Prevent Jaundice in a Natural Baby

      Jaundice is one of the most health disorders that can occur in newborns. In general, infants with normal birth can experience yellow on the...