Jenis Tanaman Obat Yang Wajib Di Tanam Pekarangan Rumah


Indonesia kaya akan sumber tanaman obat yang dapat dibudidayakan sendiri di sekitar rumah kita, baik pada sebidang tanah di halaman rumah atau di pot-pot kecil, untuk penuhi keperluan keluarga akan obat-obatan.

Pada intinya semu jenis tanaman obat dapat digunakan khasiatnya, dari mulai daun, batang, buah, kulit, biji, akar, sampai umbi atau rimpangnya yang dapat dikonsumsi dalam bermacam-macam seperti dikonsumsi mentah-mentah, untuk bumbu dapur, obat oles, sampai diracik jadi minum jamu.

Berikut ini  beberapa macam TOGA yang dapat Anda budidayakan sendiri dengan gampang untuk di tanam di sekitar pekarangan anda sebagai obat keluarga jika di butuhkan :

1. Jahe

Jahe memiliki kandungan senyawa aktif kuat bernama gingerol yang dapat menangani banyak permasalahan pencernaan seperti sakit perut serta mual-muntah, pusing sebab vertigo, sampai kurangi sakit karena nyeri haid dan ngilu sendi seperti osteoarthritis serta rematik. Gingerol di percaya bisa menghambat perkembangan sel kanker usus besar. Diluar itu, jahe bisa membantu turunkan berat badan.

Selain memili kelebihan tetapi jahe juga memiliki kekurangan, jahe tidak bisa dikonsumsi terlalu berlebih karena bisa mengakibatkan sakit perut, kembung, mulas, sampai diare bila umumnya. Anda tidak disarankan konsumsi lebih dari 4 gram jahe /hari.

2. Kencur
Kencur memiliki nama latin Kaempferia galanga nyatanya masih satu keluarga dengan jahe. Tidaklah heran jika ada banyak yang salah memperbedakan di antara kencur dengan jahe.

Kencur telah diketahui lama jadi obat batuk berdahak, obat diare, obat deman, serta obat sakit gigi. Kencur dapat juga digunakan untuk tingkatkan nafsu makan serta menyembuhkan luka otot sesudah berolahraga.

Faedah kencur tidak berhenti sampai disana. Satu riset dari Bangladesh tunjukkan jika ekstrak kencur memiliki kandungan karakter antidepresan yang berguna untuk kurangi depresi serta kekhawatiran.

3. Kunyit
Kunyit memiliki kandungan zat kurkumin yang memberi warna khas oranye . Kurkumin jugalah yang memberi manfaat obat dari kunyit untuk membantu menjaga kesehatan dan mencegah penyakit.

Karena senyawa kurminnya, simpang oranye ini telah sejak dahulu dipakai dalam penyembuhan tradisionil Indonesia untuk meringankan gejala masalah pencernaan, penyakit kulit, menangani penyakit hati, mengurangi efek penyakit jantung serta stroke, sampai menahan kanker usus besar. Berdasar pada riset, kurkumin berperan membuat perlindungan kesehatan peranan saraf.

3. Kencur
Kencur yang punyai nama latin Kaempferia galanga nyatanya masih satu keluarga dengan jahe. Tidaklah heran jika ada banyak yang salah memperbedakan di antara kencur dengan jahe.

Kencur telah diketahui lama jadi obat batuk berdahak, obat diare, obat deman, serta obat sakit gigi. Kencur dapat juga digunakan untuk tingkatkan nafsu makan serta menyembuhkan luka otot sesudah berolahraga.

Faedah kencur tidak berhenti sampai disana. Satu riset dari Bangladesh tunjukkan jika ekstrak kencur memiliki kandungan karakter antidepresan yang berguna untuk kurangi depresi serta kekhawatiran.

4. Kumis kucing
Kumis kucing ialah tanaman obat yang cukup populer dalam memudahkan beberapa permasalahan kesehatan, seperti cedera di kulit serta gusi abuh. Diluar itu, zat antiradang dalam kumis kucing bisa menolong mengatur tanda-tanda alergi, rematik serta asam urat, penyakit ginjal, sampai hentikan kejang.

Satu riset  lab yang diedarkan jurnal Ethnoparmhacology memberikan laporan jika daun kumis kucing berbentuk diuretik yang menyebabkan penambahan produksi urine. Otomatis, bolak-balik buang air kecil bisa menolong keluarkan bakteri yang ada di kandung kemih. Ini juga menolong kurangi peluang efek infeksi aliran kencing.

5. Daun sirih
Daun sirih semenjak jaman leluhur dipakai jadi tanaman obat untuk menyembuhkan beberapa permasalahan kesehatan. Nenek moyang kita sejak dahulu terlatih kunyah sirih untuk memperhatikan kesehatan gigi serta mulut mereka.

Kenyataannya, adat menyirih ini memang dapat dibuktikan berguna oleh beberapa riset medis kekinian. Kunyah sirih sudah dapat dibuktikan menghalangi perkembangan bakteri dalam mulut, hingga berguna untuk menahan gigi berlubang serta penyakit gusi.

Demikianlah beberapa tanaman obat yang wajib anda tanam di rumah untuk menjaga kesehatan keluarga anda.
Selamat menanam semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Jenis Tanaman Obat Yang Wajib Di Tanam Pekarangan Rumah "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel